FORMAT ADMINISTRASI DESA

#FormatAdministrasiDesa : Blog Download Referensi/Contoh Format Terbaru & Terlengkap Administrasi Pemerintahan Desa (Pemerintah Desa & BPD), Administrasi Keuangan Desa, dan Contoh Surat Menyurat, Serta Review Aplikasi/Software Pembukuan dan Laporan Keuangan Terbaik. Accounting software/software akunting/software akuntansi, aplikasi akuntansi android, aplikasi keuangan bumdes, tahun 2020 (Format File Doc-Pdf-Excel-Ppt-Rar-PSD-JPG-PNG-CDR-Vector-SWF-FLA-File.C3D-HTML5 Video Player-CAD)

Nomor Surat Resmi/Kode Surat Dinas yang benar

Kode Penomoran Indeks Surat Dinas/Nomor Surat Resmi dan Contoh-Nya


#Nomor Surat/Kode Surat merupakan bagian dari proses tata kelola administrasi di instansi pemerintahan, lembaga pemerintahan, maupun organisasi yang mengacu pada sistem penomoran surat dinas atau surat resmi. Kode Surat Dinas atau Nomor Surat Resmi adalah tanda atau patokan baku berupa nomor indeks surat-menyurat tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk bidang atau hal yang berhubungan dengan surat dinas atau surat resmi yang dibuat (kedinasan).
Gambar : Apa dan Bagaimana Kode Penomoran Surat Resmi/Nomor Surat Dinas?
Biasanya dalam pemberian nomor surat, kode surat diisi pertama, lalu kemudian nomor surat keluar dan lain-lain. Penulisan nomor surat dinas yang benar atau indeks surat menyurat pemerintahan adalah dengan mengacu pada Permendagri tentang Kode surat.



Sobat desa mungkin suka juga :
Pada kesempatan ini Kami mencoba mengulas kode-kode surat dan klasifikasi kode surat  serta klasifikasi arsip yang berlaku di pemerintahan desa, pemerintahan daerah, dan instansi-instansi lainnya. Contoh nomor surat keterangan lulus, Kode Surat Keterangan Domisili, Kode Surat Keterangan Pengurusan Kartu Keluarga Sementara, Kode Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Kode Surat Permohonan Desa, Kode Surat Tugas Desa , Surat Istimewa, dan Kode-kode surat resmi (surat keluar maupun surat masuk) lainnya yang ada di pemerintahan maupun organisasi pemerintahan. Mau diisi nomor berapa surat-surat itu.



Di Desa, kita biasa temui penomoran-penomoran surat kerap kali digunakan oleh Pemerintah Desa, BPD Desa, LPMD, PKK, Karang Taruna, Lembaga Adat, PAUD Desa, TPK, Taman Pengajian Al-Qur'an, dan lembaga-lembaga lain di desa.





Selain itu, format penomoran surat menyurat yang #FormatAdministrasiDesa bagikan ini merangkum semua nomor atau kode surat yang sebenarnya tidak hanya berlaku di instansi pemerintahan desa saja. 



Kode surat resmi atau nomor surat dinas ini berlaku pada seluruh instansi pemerintahan, perusahaan, maupun organisasi/lembaga pemerintahan lainnya. Pola klasifikasi surat yang telah disusun oleh Pemerintah berdasarkan klasifikasi bidang tugas, seperti Umum, pemerintahan, politik, keamanan dan ketertiban, kesejahteraan, perekonomian, pekerjaan umum dan ketenagaan, pengawasan, kepegawaian,  dan keuangan.



Berikut ini ringkasan format tata kearsipan termasuk kode surat:



1. Pengurusan Surat


  • Pengurusan naskah dinas masuk meliputi kegiatan yang dilaksanakan oleh unit kearsipan dan tata usaha pengolah. Pada unit kearsipan dilaksanakan melalui kegiatan penerimaan, pengarahan, pencatatan, pengendalian dan penyimpanan.
  • Pengurusan naskah dinas keluar meliputi kegiatan yang dilaksanakan oleh tata usaha pengolah dan unit kearsipan
  • penyimpanan arsip
  • penyimpanan kartu kendali arsip in aktif
  • penemuan kembali arsip 
2. Sarana Pengurusan Surat

  • Kartu Kendali Naskah Dinas Masuk
  • Kartu Kendali Naskah Dinas Keluar
  • Daftar Pengendali
  • Lembar Pengantar
  • Tanda Bukti Pinjaman

3. Pemberkasan Surat Berdasarkan Kode Klasifikasi

4. Penyusutan  Arsip


Meskipun tidak hanya soal nomor klasifikasi surat didalam format ini. Namun secara umum, yang terpenting menurut Kami adalah nomor pola klasifikasi surat. Karena itu yang paling sering digunakan. Penomoran-nya dimulai dari angka 000-995. Kita biasa menemukan dalam kebiasaan kita di pemerintahan. Misalnya undangan rapat diberi kode nomor 005, perjalanan dinas diberi nomor 090 atau 094, dan jenis surat-surat lainnya yang membutuhkan penomoran.

Apakah Anda Mencari Kode Surat Dinas/Nomor Surat Resmi Terbaru Dan Lengkap?

Bagi Anda yang mencari dan ingin mendownload Daftar Penomoran Surat/Kode Surat yang benar, Anda dapat mendownload/unduh secara gratis dan lengkap dalam bentuk PDF dan Word/Doc yang dikemas dalam file Zip/WinRar. Setelah di-download sobat desa bisa men-kompres file-nya atau dibiarkan saja.



Lihat Juga : Internet Desa Kominfo, Desa Masuk Target Program Internet Gratis Kominfo [LAGI HITS]

Untuk sobat desa yang berminat silahkan Anda download pada link dibawah ini :


ATAU




Jangan lupa "LIKE" dan "SHARE" jika Sobat Desa menyukai artikel ini !



Seperti biasa, Passwordnya : formatadministrasidesa 

Keterangan: File download tersebut berisi salinan Permendagri mengenai Kode Surat dan lampiran-nya, serta ringkasan daftar nomor surat resmi yang telah Kami rangkum agar memudahkan Anda menggunakannya.



Silahkan download gratis Indeks Surat Menyurat Resmi atau Kode Surat Dinas yang ditetapkan oleh Pemerintah diatas. 



Jika sudah berhasil download, coba dibuka dan masukan password-nya. Gunakan file  contoh nomor surat dinas tersebut secara benar dan bijak.



Di dalam file penomoran surat tersebut, Anda bisa dengan mudah mengetahui dan melihat nomor surat atau kode surat apa saja. Anda akan mengetahui cara cek nomor. Contohnya, nomor surat izin, surat keterangan lulus/kelulusan, surat keterangan sakit, surat keterangan kerja, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili, surat keterangan pindah, surat permohonan dana, surat permohonan izin, surat permohonan narasumber, nomor surat undangan, nomor surat tugas, kode nomor surat pengantar, surat addendum, surat berita acara, surat bisnis, surat dispensasi, surat edaran, surat gugus depan (gerakan pramuka), surat gugatan, surat himbauan, surat hibah, surat hak milik tanah, surat jalan, surat jual beli, surat kuasa, surat laporan, surat legalisir ijazah, surat mou, surat mutasi, surat magang, surat nikah, surat mandat, surat pernyataan, surat perjanjian kerjasama, surat rekomendasi, surat sertifikat, surat teguran, surat tilang, surat visum, dan penomoran surat menyurat di perusahaan atau instansi pemerintah.



Jika ada kendala tolong sampaikan melalui kolom komentar facebook dibawah artikel ini. Kami akan sesegera mungkin menanggapi-nya dengan tempo yang sesingkat singkatnya. hehe ^_^ bercanda !



Untuk format-format lainnya silahkan dapat Anda cari dengan mudah di Blog ini. Anda bisa mencari pada bagian menu blog, search, format terkait, atau pun cara lainnya sepuas Anda.



Jika  sobat desa ingin SHARE artikel ini di media sosial sobat, silahkan. ^_^



Jika Anda kembali bertanya, bagaimana cara menulis/cara penulisan nomor surat yang benar? Jawabannya adalah dengan mengacu pada peraturan tentang nomor surat dinas/surat resmi yang ditetapkan oleh Pemerintah.



Demikian ulasan artikel yang berjudul "#KODE SURAT DINAS" atau "#NOMOR SURAT RESMI" yang benar, semoga bermanfaat bagi Anda semua. 



Terima Kasih sudah berkunjung di Blog Kami - Blog Format Administrasi Desa - Portal Referensi Dan Preferensi Desa Se-Indonesia. #Nomor Surat.





Thank you for your visit to all the villages on our Blog. References and Preferences Regarding the Format of Village Administration and Applications (Software) for Village Finance in Indonesia.

(***)

Post a Comment

Berkomentarlah Sepuas Anda, Santun dan Relevan BY ADMIN FORMAT ADMINISTRASI DESA

[facebook]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BloggerDesaKitaa}

Form Kontak

Name

Email *

Message *

Laode Muhamad Fiil Mudawat (Fiil). Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget