RAB Pengadaan/Pelepasan Tanah Kas Desa

RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas DesaBagaimana contoh rencana anggaran biaya (RAB) kegiatan penentuan atau penegasan batas/patok tanah kas desa sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku? Inilah ulasan dan contoh RAB-nya yang dapat Anda download dengan mudah dan gratis dalam bentuk file download excel (xls) maupun PDF terbaru. 

Untuk mempertegas maksud Kami. Harus Kami katakan bahwa dalam postingan ini kami tidak akan mengulas tentang penegasan batas tanah desa, batas wilayah, biaya jasa pengacara untuk sengketa tanah, atau pun promo tanah kavling/info tanah kas desa disewakan atau dijual. Topik itu akan Kami ulas secara terpisah. Pada artikel yang dibuat pada "akhir tahun" ini Kami secara khusus mereview  tentang "RAB Penegasan atau Penentuan Batas Tanah Kas Desa".


Contoh RAB Penentuan/Penegasan Batas/Patok Tanah Kas Desa

Apakah Anda sedang mencari contoh RAB  Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa terbaru? Artikel ini akan mencoba mengulas contoh format RAB Kegiatan RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa disertai file download dalam bentuk format Excel (xls) dan PDF. 

Seperti yang telah Kami sampaikan juga sebelumnya, bentuk format RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa ini telah disesuaikan dengan format RAB sesuai Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) maupun menurut Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jika Anda ingin mengeceknya, silahkan cek pada aturan atau regulasi tersebut. 

Apa tujuan Kami membuat contoh RAB ini?
Bagi Anda yang berkecimpung di instansi pemerintahan desa, baik sebagai Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), maupun Lembaga Kemasyarakatan Desa tidak asing dengan yang namanya "perencanaan pembangunan desa" maupun "perencanaan penganggaran". 

Akan tetapi barangkali sebagian dari Anda membutuhkan contoh format untuk memaksimalkan kegiatan perencanaan, baik itu kegiatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Dan RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa ini adalah salah satu diantaranya. Itu pun jika Desa Anda ingin melaksanakan kegiatan ini yang anggaran atau pembiayaannya dibebankan pada APBDes. 

Alasan lain mengapa Kami memposting artikel ini adalah karena saat ini sudah mendekati akhir tahun. Tema "akhir tahun" memiliki makna tersendiri bagi Kami dalam mengelola Blog format-administrasi-desa.blogspot.com ini. Yang kami sebut sebagai "Program Akhir Tahun Blog Format Administrasi Desa", suatu program yang Kami buat khusus tentang contoh-contoh format yang biasanya dipergunakan pada momentum akhir tahun.

Kalau Kami ibaratkan. Jika Perusahaan Mobil Toyota memiliki tema 'ledakan akhir tahun' untuk memberikan pesan promosi kepada calon pelanggannya bahwa "cukup bayar 3 jutaan* Anda sudah bisa memiliki mobil impian Anda". Tentu punya alasan tersendiri. Begitu juga mengapa beberapa lembaga penyelenggara bimtek atau pelatihan gencar melakukan promo mendekati akhir tahun ini, atau lebih memilih waktu-waktu promosi khusus di tanggal 11-11 maupun 12-12. Ya tentu itu juga punya alasan.

Begitu pun Kami, Akhir tahun dalam pandangan Kami adalah persiapan atau perencanaan program untuk tahun-tahun berikutnya. Kesadaran ini memaksa Kami untuk menyajikan beragam topik secara digital (online) yang Kami harapkan dapat bermanfaat untuk Anda. Baik untuk bahan referensi perencanaan di akhir tahun maupun untuk tahun berikutnya. 

Sekilas jika kita menelisik lebih dalam, tepatnya dalam postur APBDes sesuai Permendagri no. 20 Tahun 2018, kegiatan Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa disebutkan dalam Lampiran Permendagri tersebut. Lebih lanjut, kegiatan ini dalam konteks Permendagri 20/2018 termasuk dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan sub bidang pertanahan. Untuk kode rekening kegiatan ini adalah 1.5.90. Paling tidak penyebutan tersebut memberikan sinyal bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penting di Desa.

Cek juga: Format RAB Sertifikat Tanah

Dengan begitu dapat pula dikatakan apabila Desa hendak merencanakan dan/atau menganggarkan untuk kegiatan Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa ini.  Maka salah satu langkah atau tahapan yang harus ditempuh terlebih dahulu adalah dengan menyusun atau membuat RAB-nya. 
Bagaimana rincian pendanaan atau pembiayaan dalam contoh RAB ini? 

Anda dapat mengecek lebih lanjut contoh uraiannya secara lengkap dan utuh melalui file RAB yang kami bagikan. Baik dalam bentuk excel (xls) maupun PDF.

Cek juga: Contoh RAB Profil Desa

Okay guys, untuk Anda yang membutuhkan contoh format RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa. Anda dapat download file Excel (Xls) dan PDF dibawah ini:

RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa (Excel)
atau:
Contoh RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa (PDF)

(File RAB diatas akan Kami update kemudian)



Sekedar untuk diketahui: Format RAB diatas hanyalah contoh saja. Selebihnya Anda dapat mengembangkan sendiri sesuai kebutuhan. It's Simple.

Cek juga: Contoh Buku Pembantu Pajak (The Tax Book)

Silahkan Anda unduh/download contoh file diatas. 

Jika ada kendala atau apapun yang ingin Anda katakan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. 

Anda juga dapat menghubungi nomor kontak layanan konsultasi gratis Kami yang sudah Kami sediakan di Blog format-administrasi-desa.blogspot.com ini.

Siapa pengelola/pelaksana kegiatan penentuan batas tanah kas desa? 

Apabila kita mengacu pada Permendagri nomor 84 Tahun 2015 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa. Maka secara SOTK Desa, kegiatan ini dilaksanakan atau dikelola oleh Kasi Pemerintahan yang telah diangkat oleh Kepala Desa. Atau dengan kata lain secara tupoksi lebih sesuai dikerjakan/dilaksanakan oleh Kasi Pemerintahan.

Cek juga: 
Diharapkan dengan kegiatan ini maka pelaksanaan penentuan/penegasan batas/patok tanah kas desa dapat berjalan sesuai perencanaan dan ketentuan yang berlaku.

Bagi Anda yang mencari juga contoh format administrasi pertanahan/agraria, atau format surat tanah, dan contoh RAB lainnya dapat Anda telusuri dan temukan di blog format-administrasi-desa.blogspot.com ini.

Demikian ulasan tentang RAB Penentuan/Penegasan Batas Patok Tanah Kas Desa. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda semua yang membutuhkan penjelasan dan contoh RAB ini. Khususnya untuk Anda, para Kasi Pemerintahan atau pejabat yang akan menyusun dan melaksanakan salah satu kegiatan sub bidang pertanahan ini.

(Review ini merupakan jawaban Kami atas request dari Pak Mob dari Jogja)

Tag terkait:
  • pengadaan tanah kas desa
  • pelepasan tanah kas desa
  • Belanja Modal Pengadaan Tanah
  • peraturan pelepasan tanah kas desa
  • mekanisme pelepasan tanah kas desa
  • perdes tentang pelepasan tanah kas desa
  • tata cara pelepasan tanah kas desa
  • permendagri tentang pelepasan tanah kas desa
  • tata cara pengadaan tanah kas desa
  • kasus pengadaan tanah
  • rab pengadaan tanah
  • kasus sengketa pengadaan tanah
  • Belanja Modal Pembebasan/Pembelian Tanah
  • rab pelepasan tanah kas
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: RAB Pengadaan/Pelepasan Tanah Kas Desa. Konten tersebut mengulas tentang Contoh RAB Pengadaan/Pelepasan Tanah Kas Desa, pengadaan tanah kas desa pelepasan tanah kas desa Belanja Modal Pengadaan Tanah peraturan pelepasan tanah kas desa mekanisme pelepasan tanah kas desa perdes tentang pelepasan tanah kas desa tata cara pelepasan tanah kas desa permendagri tentang pelepasan tanah kas desa tata cara pengadaan tanah kas desa kasus pengadaan tanah rab pengadaan tanah kasus sengketa pengadaan tanah Belanja Modal Pembebasan/Pembelian Tanah rab pelepasan tanah kas.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget