SK RT-RW Oleh Kepala Desa [Contoh Format Doc-Pdf]

SK RT-RW merupakan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah di Desa/Kelurahan untuk mengangkat atau mengukuhkan  atau memberhentikan/mengganti pengurus rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). SK Kepala Desa tentang Pengangkatan/Pemberhentian/Pergantian Pengurus RT/RW adalah legal standing bagi Ketua RT/RW dan anggotanya untuk melakukan tugas dan fungsi di desa.

Dan tentu saja format SK Kades tentang Pengangkatan dan Pemberhentian RT dan RW ini sebaiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk regulasi yang mengatur soal format SK atau produk hukum (product law) di desa diatur dalam Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan Di Desa. 

SK Pengangkatan RT/RW Desa ini menjadi dasar bagi mereka yang diangkat/ditunjuk sebagai pengurus RT/RW oleh Kepala Desa untuk dapat bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Selain itu SK RT RW ini juga menjadi salah satu bukti pengeluaran/penerimaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes), khususnya pada kegiatan operasional RT/RW yang ditetapkan dalam APBDes.


[sk rt-rw contoh format terbaru]
Gambar Screen Shoot : Format Terbaru SK Pengangkatan Pengurus RT/RW
Definisi atau pengertian dari Keputusan Kepala Desa atau Surat Keputusan Kepala Desa mestinya mengacu pada Pasal 1 butir 9 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa. Di-permendagri tersebut diuraikan bahwa :

“Keputusan Kepala Desa adalah penetapan yang bersifat konkrit, individual, dan final”

Lantas apa saja yang mau ditetapkan dalam Keputusan Kepala Desa? Mari kita merujuk pada penjelasan Pasal 31 Permendagri 111 Tahun 2014 tersebut, bahwa:

“Kepala Desa dapat menetapkan Keputusan Kepala Desa untuk pelaksanaan Peraturan di desa, peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan dalam rangka pelaksanaan kewenangan desa yang bersifat penetapan”

Dan untuk lebih mengoptimalkan kinerja Kepala Dusun di masing-masing Dusun,  khususnya di wilayah rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW), Kepala Desa perlu mengangkat Pengurus RT dan RW melalui Keputusan Kepala Desa atau Surat Keputusan Kepala Desa (SK).

Mungkin saat ini Anda sedang mencari contoh Surat Keputusan Kepala Desa tentang Pengangkatan Pengurus RT RW di desa/kelurahan. Format SK dibawah ini mungkin bisa menjadi jawaban dari apa yang Anda cari. 

Berikut ini Format Terbaru SK Pengangkatan Pengurus RT/RW terbaru dalam bentuk format doc (word).
Silahkan didownload Gratis pada link dibawah ini :

FORMAT TERKAIT : SK RT RW

Contoh SK RT/RW diatas diambil dari arsip administrasi SK RT RW Desa Batuatas Barat Kecamatan Batuatas Kabupaten Buton Selatan.

Cek juga: Contoh Proposal 17 Agustus Terbaru [Lengkap]

Demikian ulasan contoh format SK RT-RW Desa/Kelurahan dalam bentuk doc (word). Untuk dokumen SK RT RW Pdf sementara ini belum ada. Semoga bermanfaat. Jika ada kendala, atau ada link pormat yang bermasalah tolong disampaikan melalui kontak kami atau kolom komentar facebook. Kami sangat mengapresiasi atensi sobat desa semua. 

Jika Anda ingin mencari SK-SK Kepala Desa lainnya Anda dapat dilihat dan didownload di artikel Kumpulan SK Kepala Desa.

Dan untuk contoh format-format administrasi desa lainnya dapat dicari blog ini. Anda dapat menggunakan kolom "cari format" atau bisa juga dengan cara lainnya. 

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Format Administrasi Desa - Portal Referensi Dan Preferensi Desa Se-Indonesia. 


Thank you for your visit to all the villages on our Blog. References and Preferences Regarding the Format of Village Administration and Applications (Software) for Village Finance in Indonesia.

Salam Dari Desa - Dari Admin FormatAdministrasiDesa
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: SK RT-RW Oleh Kepala Desa [Contoh Format Doc-Pdf]. Konten tersebut mengulas tentang sk rt rw terbaru tahun ini format sk rt rw doc, contoh sk rt rw format pdf sk rtrw desa dan kelurahan 2019-2018-2017-2016-2015..contoh surat keputusan pengangkatan pengurus rw SK Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua RT-RW oleh kepala desa #skrtrw.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget