Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH? | FORMAT ADMINISTRASI DESA -->

Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH?

FORMAT-ADMINISTRASI-DESA.BLOGSPOT.COM | Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan atau disingkat "KPM PKH" memiliki hak dan kewajiban. Pertanyaannya adalah Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH?

Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH, Hak KM PKH, Kewajiban KPM PKH
Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH

Dalam postingan ini Anda akan menemukan penjelasannya...

Daftar Isi:

Apa saja Hak KPM PKH?

Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan atau KPM PKH berhak mendapatkan:

  1. menerima bantuan sosial;
  2. pendampingan sosial;
  3. pelayanan di fasilitas kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial; dan
  4. program bantuan komplementer di bidang pangan, kesehatan, pendidikan, subsidi energi, ekonomi, perumahan, aset kepemilikan tanah dan bangunan, dan pemenuhan kebutuhan dasar lainnya.
Cek juga: Tugas dan Fungsi Pendamping Desa

Apa saja Kewajiban KPM KPH?

Kewajiban peserta atau KPM PKH terdiri atas 4 (empat) hal adalah sebagai berikut:

  1. anggota keluarga memeriksakan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan bagi ibu hamil/menyusui dan anak berusia 0 (nol) sampai dengan 6 (enam) tahun;
  2. anggota keluarga mengikuti kegiatan belajar dengan tingkat kehadiran paling sedikit 85% (delapan puluh lima persen) dari hari belajar efektif bagi anak usia sekolah wajib belajar 12 (dua belas) tahun;
  3. anggota keluarga mengikuti kegiatan di bidang kesejahteraan sosial sesuai kebutuhan bagi keluarga yang memiliki komponen lanjut usia mulai dari 60 (enam puluh) tahun dan/atau penyandang disabilitas berat; dan
  4. KPM hadir dalam pertemuan kelompok atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) setiap bulan.

Pemenuhan Kewajiban KPM PKH

Seluruh anggota keluarga penerima manfaat (KPM) harus memenuhi kewajiban kepesertaan PKH. Pemenuhan kewajiban oleh KPM PKH akan berdampak pada bantuan sosial dan hak kepesertaan lainnya. KPM yang memenuhi kewajibannya akan mendapatkan hak sesuai ketentuan program. Sedangkan KPM yang tidak memenuhi kewajiban dikenakan penangguhan dan/atau penghentian bantuan sosial dengan ketentuan tertentu.

Cek juga:

Demikian penjelasan terkait Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH? Semoga apa yang kami jelaskan di atas dapat bermanfaat Sobat yang membutuhkan.

Tags
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH?. Konten tersebut mengulas tentang Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan atau disingkat KPM PKH memiliki hak dan kewajiban. Pertanyaannya adalah Apa Saja Hak dan Kewajiban KPM PKH?.

Silahkan share artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!

Posting Komentar

Berkomentarlah Sepuas Anda, Santun dan Relevan BY ADMIN FORMAT ADMINISTRASI DESA

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget