Contoh RAB Pembinaan Lembaga Adat (Download)

#RAB Pembinaan Lembaga Adat Peran dan fungsi lembaga adat yang telah dibentuk sangat penting dalam pelestarian adat dan pewarisan budaya di Desa. Karena itulah penguatan kapasitas kelembagaan adat sangat perlu dilakukan. Namun masalahnya adalah bagaimana cara menyusun atau membuat perencanaan kegiatan pembinaan kelembagaan adat ini?

Review kali ini akan mencoba mengulas Contoh RAB Pembinaan Lembaga Adat terbaru sesuai format RAB SISKEUDES dan ketentuan RAB yang diatur dalam Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Pertanyaan awalnya adalah:
Siapakah Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) kegiatan dalam RAB Pembinaan Lembaga Adat ini?
PKA kegiatan Pembinaan Tokoh Adat/Lembaga Adat adalah Kasi Pelayanan. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagaimana dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa.

Cek juga: Struktur Pemerintah Desa Terbaru

Pertanyaan kemudian adalah:
Apa dasar hukum RAB Pembinaan Lembaga dan Hukum Adat ini?
Secara bentuk (form) RAB kegiatan Pembinaan Lembaga Adat ini didasarkan pada contoh format RAB yang ada peraturan perundang-undangan, yakni Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Sedang untuk kedudukan lembaga adat sebagai bagian dari lembaga kemasyarakat desa (LKD) dapat Sobat Desa cek pada Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Cek juga:

Contoh RAB Kegiatan Pembinaan Lembaga Adat

Apakah Sobat Desa mencari contoh RAB Kegiatan Pembinaan/Pelatihan Lembaga Adat dalam bentuk format PDF maupun Excel (XLS) tahun 2022 terbaru?

Lantas, biaya apa saja yang ada dalam kegiatan Pembinaan Tokoh-Tokoh Adat dalam Lembaga Adat Desa ini?

Dan berapa satuan harga, volume, dan lain-lain secara lengkap dapat Sobat Desa cek pada file download yang telah Kami sediakan.


Rab Pembinaan Lembaga Adat, Download Contoh RAB Pembinaan Lembaga Adat Desa
Gambar : Contoh Format RAB Pembinaan Lembaga Adat terbaru



Okay, apabila Sobat Desa membutuhkan contoh formatnya. Silahkan download (unduh) pada link download dibawah ini:




Bagi Sobat Desa yang mencari materi pelatihan lembaga adat, SK lembaga adat, Struktur Organisasi, dan contoh format administrasi lembaga adat desa lainnya akan Kami ulas pada blog post berikutnya.

Demikian ulasan tentang RAB Pembinaan Lembaga Adat. Semoga penjelasan contoh format RAB, baik file dokumen Excel (XLS) maupun PDF yang Kami berikan dapat bermanfaat dan membantu Sobat Desa, khususnya PKA kegiatan ini.
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Contoh RAB Pembinaan Lembaga Adat (Download). Konten tersebut mengulas tentang #RAB Pembinaan Lembaga Adat ✅➽✅➽✅ Jika Desa berencana mengadakan program atau kegiatan Pembinaan Lembaga Adat, maka sudah tentu perlu menyusun atau membuat rencana anggaran biaya (RAB). Review kali ini akan mencoba mengulas Contoh RAB Pembinaan Lembaga Adat terbaru sesuai format RAB Siskeudes dan ketentuan RAB yang diatur dalam Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Pertanyaan awalnya adalah: Siapakah Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) kegiatan dalam RAB Pembinaan Lembaga Adat ini?.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget