Badan Amil Zakat 2023: Tugas, Dasar Hukum, dan Contoh SK-nya

Contoh SK Badan Amil Zakat Desa 2023 - Tugas Amil Zakat/Pengurus Zakat - Kewajiban membayar zakat adalah rukun Islam yang ketiga yang wajib ditunaikan oleh setiap orang muslim dan Badan Usaha yang dimiliki orang Islam yang berkecukupan dan mampu sesuai dengan syariat islam. Karena itu demi kelancaran pemungutan dan pendistribusian zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal, maka Kepala Desa selaku Kepala Pemerintahan di Desa dapat membentuk/mengangkat beberapa orang warga desa untuk diangkat menjadi Pengurus Badan Amil Zakat di Desa melalui SK Badan Amil Zakat yang ditetapkan oleh Kepala Desa.

Di beberapa daerah, penamaan-Nya boleh jadi berbeda-beda. Istilah sejenis yang Kami maksud seperti:
  • SK Unit Pengumpul Zakat
  • SK Panitia Zakat
  • SK Panitia Amil Zakat
  • SK Lembaga Amil Zakat Desa
  • SK BAZ
  • dan istilah-istilah lainnya
Surat Keputusan (SK) Kepala Desa tentang Badan Amil Zakat (BAZ) Desa ini nantinya menjadi dasar bagi mereka diangkat untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya (Tupoksi) dalam hal pengumpulan/pemungutan dan penyaluran zakat di desa. Namun biasanya, sebelum SK BAZ tersebut ditetapkan, telah diadakan musyawarah desa dalam rangka persiapan dan pelaksanaan pembentukan Susunan Panitia Pengurus Badan/Petugas Amil Zakat Desa.

Dengan memperhatikan hasil musyawarah desa dan pertimbangan-pertimbangan lainnya, maka secara resmi Kepala Desa menetapkan Surat Keputusan (SK) tentang Badan Amil Zakat Desa/Unit Pengumpul Zakat/Panitia Amil Zakat/Lembaga Amil Zakat.
Cek juga : Surat Permohonan Bantuan Dana BAZNAS

Pertanyaan tentang zakat yang akan dijawab dalam artikel ini adalah:
  • Apa saja tugas dan fungsi badan amil zakat/panitia amil zakat/pengurus zakat atau sebutan lainnya sesuai peraturan perundang-undangan?
  • Bagaimana contoh format SK Amil Zakat/Panitia Zakat tahun 2023 ini?
Berikut ini penjelasan dan contoh file downloadnya.

DAFTAR ISI:

Tugas Amil Zakat/Pengurus Zakat

Tupoksi BAZPengurus Zakat/Unit Pengumpul Zakat/Panitia Badan Amil Zakat (BAZ)/Lembaga Amil Zakat yang di-SK-kan tersebut memiliki tugas-tugas pokok, diantaranya:
  • Membuat Rencana kerja yang meliputi rencana Pengumpulan, Pendistribusian, dan Pendayagunaan zakat.
  • Menarik dan Mengumpulkan zakat Fitrah, Infak, dan Shadaqah dari seluruh warga Masyarakat.
  • Melaksanakan Operasional Pengelolaan Zakat, Infak, dan Shadaqah sesuai dengan Rencana Kerja yang ditetapkan. 
  • Menyusun Laporan Triwulan, Semesteran dan Tahunan. 
  • Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban. 
  • Bertindak dan bertanggung jawab untuk dan atas nama Badan Amil Zakat Desa baik kedalam maupun keluar. 
Itulah contoh Tugas atau Tupoksi Badan Amil Zakat yang terdapat dalam SK ini.

Cek juga:
Kali ini, tepat di Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah (2019 Masehi) Kami dari Pengelola Blog Format-Administrasi-Desa.Blogspot.com / Formatadministrasidesa.com ber-inisiatif mengulas dan membagikan contoh format SK Badan Amil Zakat Desa. Untuk yang membutuhkan, Anda dapat download gratis (free) baik dalam bentuk format Doc (Word) maupun PDF.


Mungkin diantara Sobat Desa ada yang bertanya, mengapa Kami membuat artikel ini? Setidaknya alasan Kami diantaranya:
  • Pertama: lebih pada momentum bulan puasa. Dalam Bulan Puasa (Ramadhan), tepat menjelang Hari Raya Idul Fitri, Umat Muslim di Desa selain melaksanakan ibadah puasa juga biasanya sedang sibuk-sibuk mengurus pembayaran zakat fitrah. Zakat Fitrah tersebut wajib bagi Umat Islam yang telah memenuhi syarat. Kami menganggap bahwa sebagian dari Anda mungkin mencari contoh format SK Petugas Pemungut Zakat di Desa di momen bulan Puasa ini.
  • Kedua: untuk melengkapi contoh SK di Blog format-administrasi-desa.blogspot.com / formatadministrasidesa.com ini. Terus terang saja, untuk SK BAZ ini baru pertama kalinya Kami posting. Seperti janji Kami sebelum-sebelumnya, bahwa Kami akan melengkapi format-format di Blog ini.

Dengan adanya BAZ atau Tim/Panitia yang mengurus/mengumpulkan zakat fitrah atau zakat mal ini, maka diharapkan proses pembayaran zakat dapat terlaksana dengan baik. 


Lalu apakah contoh SK BAZ ini bisa digunakan untuk Badan Amil Zakat yang akan dibentuk oleh Lurah di Kelurahan. Menurut Kami, substansi sama saja. Tinggal disesuaikan kerangka aturan di Kelurahan.

Download contoh SK Badan Amil Zakat Desa Doc dan PDF, Tugas, Fungsi dan Dasar hukum Badan Amil Zakat
Badan Amil Zakat



Di era teknologi yang berkembang pesat saat ini, pembayaran zakat dapat dilakukan juga melalui pembayaran zakat online. Kami ingin bilang bahwa intinya sudah banyak saluran/badan/yayasan yang menyediakan ruang untuk bayar zakat online maupun offline. Begitu pun di Desa, ruang-ruang dibuka agar warga desa dapat membayar pajak di tempat yang dapat mereka jangkau.

Soal Bagaimana cara hitung zakat fitrah atau besaran zakat dengan uang maupun harta? Siapa penerima zakat atau yang berhak menerima zakat? Dan lain-lain, tidak akan Kami ulas di artikel ini. Karena artikel ini lebih fokus pada Contoh SK-Nya.

Cek juga: Contoh SK Tokoh Agama

Dasar Hukum tentang Zakat

Sementara itu mengenai dasar hukum soal Zakat ini didasarkan pada UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dan mengenai aturan teknis-Nya dijabarkan dalam PP Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Zakat. Sedang mengenai dasar hukum bentuk penyusunan SK ini mengacu pada Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa.

Untuk Anda yang mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang pengelolaan zakat, pembagian, tata cara mengeluarkan zakat, dan lain-lain dapat Anda lihat pada dalil hukum tersebut. Dalam aturan tersebut secara gamblang menjelaskan apa saja seputar pengelolaan zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal. 

Cek juga:

Contoh SK Panitia Amil Zakat

Oke, bagi Sobat Desa yang memerlukan contoh SK Panitia Amil Zakat/Unit Pengumpul Zakat/Badan Amil Zakat disertai Tugas-Nya terbaru. Silahkan download gratis pada link download berikut ini:




Silahkan Sobat Desa download contoh format SK BAZ Desa tersebut. Jika ada kendala, pertanyaan, masukan atau apapun itu sepanjang untuk kebaikan. Silahkan Sobat Desa sampaikan pada Kami melalui Kolom Komentar atau melalui Saluran lainnya yang sudah Kami sediakan di Blog format-administrasi-desa.blogspot.com / formatadministrasidesa.com ini.

Cek juga:
Didalam SK tersebut Sobat Desa akan menemukan contoh redaksi/petikan tupoksi dari badan amil zakat. Dan dalam lampiran SK Panitia Amil Zakat tersebut, terdapat contoh susunan panitia amil zakat yang dapat Sobat Desa jadikan referensi, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal. Namun sekali lagi, ini hanya salah satu referensi saja.

Untuk contoh-contoh SK (Surat Keputusan) lainnya, dapat Sobat Desa cek pada artikel: KUMPULAN SK KEPALA DESA.

Demikian ulasan mengenai Contoh SK Badan Amil Zakat Desa dan Tugas-Nya. Semoga bermanfaat untuk Sobat Desa yang membutuhkan.

Jangan lupa "Berlangganan Gratis" ya. Agar Sobat Desa dapat menerima info-info terbaru dari Blog Format Administrasi Desa.
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Badan Amil Zakat 2023: Tugas, Dasar Hukum, dan Contoh SK-nya. Konten tersebut mengulas tentang Pertanyaan tentang zakat yang akan dijawab dalam artikel ini adalah: Apa saja tugas dan fungsi badan amil zakat/panitia amil zakat/pengurus zakat atau sebutan lainnya sesuai peraturan perundang-undangan? Bagaimana contoh format SK Amil Zakat/Panitia Zakat ini? Berikut ini penjelasan dan contoh file downloadnya..

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget